Ide Bisnis dan Peluang Usaha Menjadi Penulis Freelance

Peluang Usaha Menjadi Penulis secara Freelance - Menjadi penulis lepas (freelance) merupakan salah satu  usaha yang dapat dilakukan oleh semua orang dari berbagai kalangan dan bemacam usia. Setiap orang tentu memiliki tata bahasa dan tutur kata penyampaian yang berbeda dan unik, hal itu juga karena setiap pembaca yang mengkonsumsi berbagai macam artikel yang banyak beredar juga memiliki tipe yang berbeda-beda. Ada pembaca yang lebih senang berkunjung ke situs berita, membaca berita-berita yang up to date, ada juga pembaca yang suka fiksi maupun tipe pembaca yang menyukai bahasa yang lebih santai. Berbagai macam tipe pembaca ini dapat kita temui baik yang mengkonsumsi media cetak maupun situs-situs online. 

Berkembangnya teknologi internet menjadi peluang usaha tersendiri bagi para penyedia jasa maupun perorangan yang bergerak sebagai penulis lepas, banyak situs berkembang di media online mulai situs berita seperti detik dot com; merdeka dot com; m liputan6 dot com, situs pendidikan, situs motivasi, maupun situs bisnis. 

Setiap situs media online yang beredar tentu saja memiliki penulis freelance maupun penulis yang terikat kontrak, dan setiap media tersebut tentu saja memiliki kriteria yang berbeda untuk setiap penulisnya, seperti gaya bahasa maupun pengetahuan dan minat pada bidang tertentu yang dapat menjadi bahan tulisan tersendiri.

Saat ini banyak para penyedia jasa penulis lepas yang membuka kesempatan bagi penulis freelance untuk menyalurkan kegiatan menulisnya dengan fee tertentu untuk setiap kriteria artikel yang berhasil diselesaikan. Namun, setiap penyedia jasa penulis ini menawarkan fee atau upah penulis lepas yang berbeda-beda dengan kisaran antara Rp. 5.000,- hingga Rp. 10.000,- untuk setiap artikel per 300 kata. Sedangkan untuk perorangan biasanya mereka memberikan upah penulis freelance atau penulis lepas sebesar Rp. 2.000,- hingga Rp. 4.000,- per artikel yang berjumlah 200 sampai 300 kata.

Beberapa Situs Penulis Freelance yang membutuhkan Penulis Lepas

Saat ini banyak situs penyedia jasa penulisan artikel memberikan kesempatan kepada penulis lepas, namun tidak semuanya memberikan upah yang tinggi. Ada beberapa situs penulis freelance yang sudah berpengalaman beberapa tahun diantaranya:

  1. Jasa Penulis Artikel dot com merupakan jasa penulisan artikel yang sudah berdiri sejak tahun 2009 
  2. Penulis Content dot com merupakan jasa penulis artikel yang telah berdiri selama 7 tahun sampai dengan tahun 2015 ini 
  3. Content writter dot com merupakan jasa penulisan artikel yang telah berdiri sejak tahun 2010

Menjadi Seorang Penulis Website / Blog

Salah satu alternatif selain menjadi penulis freelance, anda juga dapat mencoba menjadi penulis blog, baik blog yang berbasis blogspot maupun blog yang bebasis wordpress, tentu saja untuk menjadi seorang blogger anda terlebih dulu harus mengerti dan menguasai dunia blogging. Apabila anda memiliki keahlian di bidang blogging tentu saja fee yang di berikan kepada anda akan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan hanya menjadi penulis freelance biasa. 

Salah satu kesulitan yang dialami oleh sebagian besar penulis freelance adalah ketika anda kurang memperoleh kepastian mengenai fee atau upah kerja, apabila dibandingkan dengan anda bekerja sebagai karyawan di kantor.

Menjadi penulis freelance merupakan sebuah pilihan yang menarik bagi anda yang mengharapkan kebebasan waktu yang fleksibel dalam bekerja. 

Persiapan Menjadi Pemulis Freelance

Untuk mulai menjadi penulis freelance, maka ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan terlebih dahulu yaitu :

  1. Menyediakan waktu khusus untuk menulis, tentu anda sendirilah yang mengatur waktu dan bahan tulisan anda, sesuaikanlah bahan tulisan dan waktu  luang untuk menulis sesuai dengan kebiasaan dan karakter anda, anda tidak perlu menyediakan waktu berjam-jam untuk menulis namun cobalah membuat tulisan setiap hari secara rutin dengan kisaran waktu setengah hingga satu jam 
  2. Membiasakan membaca dan bahkan mencari bahan-behan yang dapat digunakan sebagai referensi untuk bahan tulisan anda, membaca dan mencari refrensi  dari berbagai sumber akan menambah wawasan dan memperkaya kosakata anda nantinya 
  3. Mencoba browsing beberapa sumber dari internet 
  4. Menyempatkan untuk mencari atau bahan menjalin komunikasi dengan pihak maupun seseorang yang memiliki keahlian dibidang yang anda kuasai, atau pihak yang terkait dengan bahan tulisan anda 
  5. Menulis bahan-bahan di kertas apabila anda tiba-tiba mempunyai ide bahan tertentu

Tips Menjadi Penulis Freelance

1. Aktif di media sosial
Cobalah untuk menjadi lebih aktif dalam mengelola media sosial Anda, seperti facebook, twitter, instagram LinkedIn, anda dapat menarik perhatian dan mencoba untuk branding melalui media sosial yang aktif tersebut 

2. Mencoba untuk membuat website pribadi
Sebagai penulis anda harus mancoba untuk memperkenalkan tulisan anda kepada khalayak, cara sederhana untuk menganalkan diri anda ke banyak orang salah satunya adalah membuat website anda sendiri, cobalah membuat beberapa tulisan yang anda buat, anda juga dapat memuat kontak anda pada blog yang anda miliki agar dapat dihubungi oleh pembaca yang tertarik dengan tulisan anda

3. Aktif menjalin networking
Apabila Anda pernah mendapat pekerjaan tetap sebagai karyawan, hal tersebut tentunya lebih baik. Anda dapat menggunakan kesempatan itu untuk menambah jaringan dalam lingkungan kerja. Ketika anda telah mengambil keputusan menjadi penulis freelance dan tidak lagi bekerja di kantor anda sebaiknya tetap menjalin hubungan dengan rekan kerja, karena membina hubungan baik atau networking merupakan salah satu kunci keberhasilan anda

4. Tidak bergantung pada lowongan kerja sebagai penulis lepas
Anda sebaiknya menawarkan diri untuk dapat menjadi penulis freelance di suatu media walaupun mereka tidak mengumumkan kebutuhan penulis freelance tersebut kepada publik.

5. Menjadi ahli di suatu bidang yang anda senangi
Fokus terhadap bidang tertentu yang anda senangi dan menjadi keahlian anda tentunya akan jauh leih baik dibandingkan dengan anda mengetahui banyak bidang tetapi anda tidak beegitu menguasai topik-topik di dalam nya secara mendalam
Profesionalisme Anda pada bidang tertentu juga pastinya akan meningkatkan harga jual jasa Anda. Anda pun tak kesulitan menulis kan? Kuasai satu bidang dan jadilah pakar di dalamnya.

6. Melakukan Networking dengan Rekan Sesama Pekerja Freelance
Kenapa harus mencari sesama pekerja freelance lain?

Hal ini bertujuan agar Anda senantiasa termotivasi ketika melakukan pekerjaan anda. Dan ketika anda mengalami suatu permasalahan dalam bekerja, maka anda dapat berdiskusi dengan teman sesama penulis tersebut.

Menjadi pekerja lepas (penulis freelance) mungkin terasa susah-susah gampang. Enak karena kita bisa jadi bos untuk diri sendiri. Tapi kalau tidak terus mengasah diri dan aktif mencari klien, maka kita akan kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan kita. 



Jadi apakah sekarang anda berniat memulai usaha sampingan tanpa modal dengan menjadi penulis freelance??

Previous
Next Post »