Peluang Bisnis Susu Kedelai, Baguskah?

Kedelai merupakan makanan dengan kandungan protein nabati yang tinggi dan baik untuk kesehatan, selain terbukti berkhasiat dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kandungan gizi yang tinggi, menjadikan kedelai patut untuk menjadi tambahan menu harian keluarga. Saat ini kedelai merupakan komoditas yang dicari karena kedelai merupakan bahan baku pembuatan tempe dan tahu. Selain itu, kedelai juga bisa dijadikan produk susu yang juga banyak diminati masyarakat.



Kedelai memiliki kandungan protein nabati yang tinggi, susu kedelai ternyata memiliki rasa yang enak. Untuk rasa yang terdapat di pasaran umumnya para produsen susu kedelai menyediakan rasa asli kedelai dan beberapa rasa susu kedelai yang ditambah dengan aneka buah-buahan, misalnya rasa jeruk stroberi dan melon.

Untuk memulai bisnis susu kedelai tidak sulit. Anda hanya membutuhkan mesin pembuat susu kedelai dan untuk pengemasannya bisa menggunakan Cup atau mungkin secara sederhana bisa menggunakan plastik.

Sebagai ilustrasi alat yang diperlukan untuk memulai bisnis susu kedelai secara sederhana yaitu :
  • Mesin pembuat susu kedelai dengan kisaran harga Rp. 15.700.000,- 
  • Kedelai dengan kisaran harga Rp. 7.800 /per Kg pada distributor (liputan6.com) per Maret 2015 
  • Plastik Pembungkus Kiloan dengan kisaran harga Rp. 100.000 per 1.000 lembar
Apabila menggunakan menggunakan mesin pengemas maka kisaran modal tambahan yang diperlukan yaitu :
  • Mesin pengemas atau Cup Sealer minimal berkisar Rp. 900.000,- dapat 1 roll plastik) 
  • Cup(22 oz) dengan kisaran harga Rp. 2.000,- (biasanya pemesanan minimal 1.000 pcs) 
Modal di atas merupakan kisaran dana yang dibutuhkan untuk memulai bisnis susu kedelai.



Sebagai referensi, salah satu pengusaha susu kedelai di Malang, dapat menghasilkan 40-50 bungkus susu per kg kedelai. Apabila harga susu per bungkus Rp 1000. Profit per kg kedelai dapat mencapai Rp 30.000. Hal ini pun masih menggunakan teknik pemasaran tergolong sederhana yaitu penjualan melalui pasar tradisional. 

Peluang bisnis susu kedelai ini apabila dikelola dengan baik tentunya akan menghasilkan omzet dan keuntungan yang besar.

Bagaimana, apakah anda tertarik memulai bisnis susu kedelai?
Previous
Next Post »