Ini Dia Tips Jitu Cara Hemat BBM Pada Kendaraan Anda

Seperti yang sudah di beritakan kemarin - kemarin, presiden kita Jokowi telah mengumumkan bahwa BBM akan turun lagi, hal tersebut mungkin bisa melegakan masyarakat Indonesia yang kebanyakan memiliki pendapatan diatas rata - rata. Pada dasarnya kita tidak perlu menunggu atau berprotes kenapa BBM bisa naik, karena pasti ada alasan kenapa pemerintah menaikan harganya. Ada baiknya anda putar otak bagaimana agar BBM di motor anda bisa awet dan juga tidak cepat habis, teknik berkendara pun bisa menjadi salah satu faktor bagaimana bahan bakar di kendaraan anda bisa cepat habis.
Ini Dia Tips Jitu Cara Hemat BBM Pada Kendaraan Anda
Mungkin beberapa orang sudah tahu tips yang satu ini, namun saya akan kembali mengingatkan untuk lebih detail dan untuk anda semoga bisa lebih bermanfaat, untuk motor yang berjenis matic ada baiknya anda jangan menarik tuas gas secara mendadak, dan jika akan berencana berhenti ada baiknya tuas gas jangan di tarik secara mendadak. Selain bisa lebih menekan pemborosan bahan bakar di mesin, dengan menarik tuas gas secara bertahap ketika menjalankan motor matic bisa membuat anda merasakan kecepatan bertahap dari motor anda. Nah berikut di bawah ini beberapa tips dan informasi beberapa kebiasaan atau tehnik berkendara yang bisa membuat BBM anda lebih awet.

1. Perhatikan Tuas Gas
Seperti yang sudah di beritahukan tadi diatas bahwa penarikan tuas gas haruslah bertahap tidak boleh mendadak, hal ini juga berlaku pada anda yang mempunyai mobil, penginjakan pedal gas haruslah teratur dan lembut.  Aturan yang bagus untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar adalah dengan mengambil 5 detik untuk mengakselerasi kendaraan dari posisi diam ke kecepatan 15 mil per jam atau 25 km/jam. Untuk anda yang mempunyai mobil dengan transmisi manual, bisa anda gunakan posisi gear yang sesuai dengan kecepatan dan alihkan posisi gear antara 2.000 dan 2.500 RPM.

2. Kecepatan
Pada perjalanan jauh kecepatan kendaraan ada baiknya anda atur agar mesin cukup untuk meminum bensin, terutama untuk anda yang menjalankan di jalan raya yang mempunyai kondisi lurus dan tidak banyak belokan, pada jalan seperti itu para pengendara sering sekali memacu kendaraanya dengan kecepatan yang tinggi, dan tidak sedikit banyak yang melakukan penginjakan atau penarikan gas secara mendadak. Salah satu cara yang mudah untuk menekan konsumsi bahan bakar adalah dengan menggunakan fitur cruise control saat berkendara di jalan bebas hambatan.

3. Bermanuver
Pada saat akan menyusul atau sedang membuntuti kendaraan pastinya tarikan atau ijakan gas akan selalu di kocok, hal tersebut bisa menjadi salah satu faktor kenapa konsumsi bahan bakar anda boros, ada baiknya anda menjaga jarak pada saat akan menyusul kendaraan di depan, dengan menjaga jarak juga bisa mengatur gas lebih lembut dari pada di kocok. Selain akan menghemat bahan bakar, hal ini juga bisa membuat pengemudi maupun pengguna jalan lain tetap aman.

4. Tehnik Pengereman
Banyak orang yang selalu mendadak mengerem pada saat membuntuti sebuah kendaraan di depannya, atau juga menghindari sebuah kecelakaan di depan pada saat mengendarai sesuatu, semua hal yang tak terduga terkadang bisa terjadi di jalan raya, dan tidak sedikit orang yang kehilangan nyawa dan juga cidera pada saat di jalan raya. Hal tersebut selain berbahaya pada si pengendaranya, konsumsi bahan bakar juga bisa terasa lebih boros dari biasanya,Hal itu juga bisa membuat pemilik mobil bisa lebih berhemat untuk merawat dan memelihara rem maupun ban.

5. Kondisi Kendaraan
Gunakan kendaraan anda dengan kecepatan yang tidak terlalu tinggi. Beberapa mobil pada zaman sekarang, yang diproduksi akhir-akhir ini mulai banyak menyedot bahan bakar pada kecepatan di atas 50 mil per jam atau sekitar 80 km/jam. Dengan kata lain, ketika Anda lebih ngebut 8 km per jam dari 80 km per jam, maka mobil akan menjadi lebih boros. Jadi ada baiknya anda tidak terlalu mengebut di jalanan, terutama di tol, selain bisa membahayakan jiwa penumpang apalagi jika membawa keluarga, anda pun bisa rugi karena bensin cepat boros.

Demikian tadi beberapa tips dan informasi bagaimana untuk menghemat bahan bakar di kendaraan anda, selain bisa menghemat anda pun bisa terselamatkan pada saat berkendara di jalan raya. Memang harga BBM kini turun lagi, namun ada baiknya anda pun bisa menjaga konsumsi kendaraan anda, jika lebih irit secara tidak langsung pengeluaran anda pun bisa ditekan dan bisa digunakan dengan membeli hal - hal lain yang penting bagi anda atau juga bagi keluarga. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.
Previous
Next Post »