Tips Cara Mengganti Pelumas Sepeda Motor Sendiri

Sebelumnya saya pernah membagikan kepada anda sebuah tips dan juga informasi seputar cara memanaskan motor injeksi dengan benar, dan untuk kesempatan sekarang saya juga akan membagikan kepada anda sebuah tips cara mengganti pelumas atau juga oli untuk sepeda motor dengan benar. Untuk anda yang memiliki sepeda motor sudah tidak asing lagi dengan oli, oli sangat berpengaruh sekali pada kecepatan dan performa pada motor anda, banyak orang yang mengabaikan penggantian oli secara rutin padahal penggantian oli secara rutin sangat berpengaruh pada kelangsungan mesin motor anda, apalagi untuk anda yang suka bepergian jauh untuk bekerja atau untuk mengunjungi seseorang.
Tips Cara Mengganti Pelumas Sepeda Motor Sendiri
Fungsi oli adalah menjaga tingkat kehausan pada mesin anda, karena di dalam mesing banyak sekali gesekan antara mesing yang harus di jaga. Anda pun bisa mengidentifikasi jika oli atau pelumas harus diganti, salah satunya anda bisa merasakan tenaga yang lambat dari tenaga semulanya. Dan jika di buka tempat oli, oli tersebut berwarna hitam pekat, dan juga lebih encer dari pada oli baru. Nah untuk anda yang tidak bisa mengganti oli sepeda motor, mungkin tempat - tempat sevice motor bisa menjadi pilihan anda, namun anda harus merogok kocek lebih karena harus membayar para petugas servicenya. Nah untuk anda yang ingin belajar dan berhemat, di bawah ini ada cara mengganti oli atau pelumas sepeda motor dengan baik dan benar.
  1.  Ada baiknya ketika anda akan mengelurkan oli pada motor anda dalam keadaan panas, atau sudah digunakan, karena hal tesebut akan memudahkan keluarnya oli, dan juga kotoran - kotoran dalam mesin bisa keluar dengan bersih.
  2. Anda bisa mengelurkan oli anda dengan menggunakan posisi standar samping, agar oli bisa keluar semua, dan jangan lupa tampung oli di wadah yang sudah anda sediakan sebelumnya. Biasanya baut untuk membuka oli ada di bagian mesin bawah kiri.
  3. Cara agar lebih bersih keluarnya oli pada mesin anda yaitu dengan cara menghembuskan udara kompresor pada lubang pengisian. Atau anda bisa menginjak kick stater secara berulang ulang untuk melunturkan pelumas atau oli yang masih menempel di mesin motor.
  4. Buka dan cabut saringa pelumas, dan cuci sampai bersih lalu pasang lagi, da njangan lupa pasang dengan kencang baut penutup pembuangan.
  5. Setelah itu anda bisa mengisikan pelumas pada bak mesin, sesuai dengan takaran yang sudah di sediakan, dan jangan lupa pasangan baut pengukur.
  6. Sesudah itu anda bisa menyalakan motor anda, dan biarkan stasioner naik dan bersirkulasi dengan baik di dalam mesin motor anda.
  7. Setelah itu anda tegakkan posisi motor anda, dan cek semua baud yang tadi di buka, kencangkan bila belum di kencangkan. Dan motor pun siap digunakan lagi.  
Demikian tadi tips dan informasi cara mengganti pelumas atau oli dengan benar dan baik di sepeda motor, cara diatas harus di lakukan dengan benar, agar penggantian oli bisa maksimal dan juga motor bisa kembali ke performanya seperti dari pabrikan. Sebenarnya jika anda belajar, dan ingin mencari tahu semuanya akan bisa sendiri tanpa bantuan orang lain, atau mengandalkan orang lain, sama halnya dengan cara menganti pelumas atau oli pada sepeda motor. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.
Previous
Next Post »