Tips Membersihkan Motor Yang Sering Kebanjiran

Sebelumnya saya pernah membagikan kepada anda sebuah tips dan juga informasi mejaga dan merawat motor matic agar awet, dan untuk kesempatan sekarang saya juga akan membagikan kepada anda tips untuk motor anda agar bersih di kala banjir. Seperti yang kita ketahui bahwa curah hujan yang ada di Indonesia sekarang ini belum juga mereda, dan juga belum juga masuk ke musim kemarau. Dan hal tersebut sangat merugikan beberapa wilyah di Indonesia seperti banyaknya tanah longsor yang bisa membahayakan para penduduk yang ada di bawah tanah tersebut, dan juga bencana yang sangat identik ada di ibu kota kita yaitu, banjir. Pastinya untuk anda yang mempunyai kantor jauh atau pekerjaan anda jauh dari rumah anda harus menggunakan nagkutam umum atau juga menggunkan sepeda motor. Dan tidak sedikit orang yang motornya mendadak mati karena terkena air banjir, atau juga bisa selamat dari air banjir akan tetapi besoknya akan di gunakan motor sudah tidak bisa menyala.
Tips Membersihkan Motor Yang Sering Kebanjiran
Nah ada tips sendiri untuk cara mencuci dan juga cara menjaga motor kita ketika motor kita sudah terendam lama dari air banjir dijalanan, terkadang banyak orang yang tidak memperhatikan atau tidak meperdulikan ketika mesin motornya terendam air banjir apalagi lama terendamnya, tidak hanya mesin motor bisa mendadak mati, akan tetapi karatan pada mesin mogtor pun bisa ada dan menggrogoti mesin motor anda, jika di biarkan saja. Nah untuk anda yang sering pergi kerja dengan motor anda, dan sering sekali terkena banjir, di bawah ini tips cara merawat motor dengan baik ketika terkena banjir.
  • Untuk yang pertama, ketika motor anda terendam terutama di bagian mesinnya, ada bagusnya anda tidak langsung menstarter ketika akan menggunakan motor tersebut, karena jika anda melakukan hal tersebut air dan kotoran dari banjir tersebut bisa masuk ke mesin, dan mesin pun bisa kahausan, jadi ada baiknya anda tiris kan terlebih dahulu. Atau juga jika anda terburu - buru anda bisa menselah motor anda.
  • Dan untuk anda yang ingin membersihakan motor anda ketika sudah kebanjiran di jalanan, anda bisa membuka bagian motor anda satu persatu, dan setelah itu anda bisa rendam komponen motor tersebut dengan bensin atau juga dengan cairana anti karat, terutama untuk bagian mesin. Dan jika anda tidak berpengalaman dengan hal tersebut, anda bisa membawa motor anda ke bengkel terdekat agar lebih aman.
  • Periksa bagian rem tromol karena bagian di sini sering basah dan bisa menyebabkan lengket, yang tentunya bisa membahayakan keselamatan anda ketika berkendara, karena ini ada di bagian rem. Untuk membersihkannya pun cukup mudah anda bisa siram dengan air bersih dan kemudian keringkan dengan cara menjalankan motor sambil rem nya dikocok-kocok.
  • Untuk motor matic, bagian cvtnya di buka satu per satu kemudian dibersihkan dengan bensin. Dan seperti tips yang ke dua jika anda belum berpengalaman dalam hal membongkar motor, anda bisa membawa motor anda ke ahlinya sepeti bengkel atau juga lebih bagusnnya ke deler sembari motor anda di service seperti ganti oli atua juga ganti beberapa sper part yang sudah rusak, dan juga yang harus di ganti karena sudah masanya.
Mungkin itu tadi beberpa tips yang bisa saya berikan kepada anda, ketika motor anda kebanjiran di jalan raya, dan ketika ingin di gunkana kembali motor anda sudah tidak menyala lagi. Mungkin anda sudah tidak memperhatikan kesehatan motor anda, dan anda sudah jarang sekali membersihkan motor anda karena mungkin sibuk atau yang lainnya. Ada bagusnya motor anda di cek setiap hari seperti di bagian rem atau jiga bagian mesinnya, karena keselamatan kita di jalan raya sering saja terganngu dengan kesehatan motor kita. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.
Previous
Next Post »